Ramai Dibicarakan, Kominfo Tegaskan Tidak Bisa Baca Data Pengguna

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:27 WIB
Kominfo Tegaskan Tidak Bisa Baca Data Pengguna (Foto: Instagram @kemenkinfo)
Kominfo Tegaskan Tidak Bisa Baca Data Pengguna (Foto: Instagram @kemenkinfo)

SINERGI JAKARTA - Ramai dibicarakan bahwa pihak Kominfo bisa membaca data pengguna, pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa tidak otomatis bisa melihat data pengguna setelah penyelenggara sistem elektronik (PSE) mendaftar.

"Tidak bisa," tegas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dilansir dari mediaindonesia, Minggu 31 Juli 2022.

Semuel menjelaskan hanya aparat penegak hukum dan instansi berwenang yang berhak memantau data. Itu pun dalam kondisi tertentu, misalnya untuk mengungkap kejahatan.

Baca Juga: Google Diberi Waktu Sebulan Untuk Daftar Manual PSE Oleh Kominfo

Dia mencontohkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bisa meminta informasi kepada PSE untuk membuktikan praktik pencucian uang.

"(Pihak) yang meminta data harus punya kewenangan. Kominfo tidak untuk itu," kata Semuel.

Semuel juga membantah Kominfo bisa memantau percakapan di aplikasi pesan seperti WhatsApp setelah mendaftar di PSE Kominfo.

Baca Juga: Bertentangan Program Presiden, Ketum PSI Giring Minta Buka Blokir

Terkait platform judi online yang terdaftar sebagai PSE, Semuel juga membantah hal tersebut. Setelah ditelusuri, aplikasi yang dimaksud adalah permainan kartu domino dan tidak melibatkan uang.

Halaman:

Editor: Yoyok Eko

Sumber: Media Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X