Bedahe Kalinyamat, Peristiwa Takluknya Jepara Pada Kerajaan Mataram

- Selasa, 6 Desember 2022 | 21:11 WIB
Panembahan Senopati (mataramroyalblood)
Panembahan Senopati (mataramroyalblood)

SINERGI JAKARTA - Kerajaan Mataram di bawah komando Panembahan Senopati berhasil menaklukkan Jepara yang dikenal dengan peristiwa Bedahe Kalinyamat. 

Peristiwa ini merupakan upaya heroik Panembahan Senopati untuk menguasai Jepara yang berada di pesisir utara Jawa bagian tengah. 

Dilansir melalui akun instagram dilansir melalui buku Tuah Mataram Dari Panembahan Hingga Amangkurat II karya Peri Mardiono, Bedahe Kalinyamat juga disebut dengan Kutha Bedah atau kota yang runtuh. 

Baca Juga: Prabu Siliwingi, Disegani Semua Kerajaan Termasuk Majapahit

Kutho bedah merupakan sebuah tempat penting dalam Kerajaan Kalinyamat yang kini secara administratif masuk wilayah Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. 

Dulunya Kerajaan Kalinyamat dan Jepara merupakan sebuah kadipaten di bawah kekuasaan Kesultanan Demak. 

Tetapi adanya perang saudara di internal Kerajaan Demak saat dipimpin Sunan Prawoto dan Arya Penangsang, membunuh Sultan Hadlirin. 

Maka wilayah Kalinyamat dan Jepara muncul sebagai kerajaan sendiri dengan wilayah kekuasaan meliputi Jepara, Kudus, Pati Juwana, Rembang dan Mataram

Baca Juga: Destinasi Tempat Bersejarah Kota Surabaya Hotel Majapahit Unik dan Menarik

Sedangkan tanah Pati dan hutan Mentaok Mataram dibuat sayembara untuk siapa saja yang berhasil membunuh Arya Penangsang. 

Halaman:

Editor: Yoyok Eko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Kurangi Overthinking untuk Kesehatan Mentalmu

Senin, 23 Januari 2023 | 15:46 WIB
X