• Kamis, 8 Desember 2022

Manusia Terus Lakukan Eksploitasi, Populasi Hewan Bumi Menurun Sebanyak 69 Persen

- Kamis, 24 November 2022 | 18:10 WIB
Hewan Langkah Harimau Putih (lembang_parkzoo)
Hewan Langkah Harimau Putih (lembang_parkzoo)

SINERGI JAKARTA - Menurut laporan ilmiah, populasi hewan di bumi telah menurun rata-rata 69 persen dalam waktu kurang dari 50 tahun. 

Hal ini dikarenakan manusia terus merusak hutan, mengonsumsi dan mencemari di luar batasan planet ini, dalam skala industri.

Planet Eart WWF dan Zoological Society ofLondon (ZSL) menyimpulkan, bahwa jumlah burung, ikan, amfibi, dan reptil telah menurun lebih dari dua pertiga dari tahun 1970 hingga 2018, mulai dari laut terbuka hingga hutan hujan tropis.

Baca Juga: Termasuk Spesies Annelida, Lintah Bisa Hisap Habis Darah Berbagai Macam Jenis Hewan

The Living Planet Index mengevaluasi perubahan jumlah satwa liar di seluruh benua, terhadap 32.000 populasi dari 5.230 spesieshewan, seperti di Amerika Latin, Karibia, dan Amazon. 

Dilansir melaui akun instagram @molanewsid, para peneliti menemukan hilangnya populasi hewan sebesar 94% dalam waktu 48 tahun.

Sementara tingkat deforestasi meningkat, merampas ekosistem tidak hanya dari pohon tetapi juga fauna yang bergantung padanya.

Sejauh ini fungsi hutan Amazon adalah sebagai salah satu sumber filter terkuat dalam pertempuran melawan perubahan iklim.

Baca Juga: Guinea Pig, Hewan Mirip Marmut Unik Bisa Mendeteksi Penyakit

Menurut Tanya Steel, CEO WWF-Inggris, hasil penelitian ini mengingatkan manusia bahwa penurunan paling tajam terjadi di wilayah Amerika Latin, rumah bagi hutan hujan terbesar di dunia, terutama Amazon

Halaman:

Editor: Yoyok Eko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan si Kecil

Selasa, 6 Desember 2022 | 12:28 WIB

Resep Nasi Goreng Jawa Praktis dan Nikmat

Minggu, 4 Desember 2022 | 17:33 WIB
X